Eratkan Silaturahmi untuk Badiklat yang Berprestasi

14 June 2019 – 10:35

Halalbihalal sudah menjadi tradisi yang bernuansa religius-sosial di Indonesia. Kebiasaan itu mengekspresikan kebahagiaan setelah menjalani hari-hari yang penuh berkah di bulan Ramadhan. Pemaknaan halalbihalal ini diungkapkan oleh Ustadz Nurohman Abu Hana pada kegiatan Halalbihalal keluarga besar Badiklat PKN BPK di Aula pada Kamis, 13 Juni 2019 lalu. Usai sebulan penuh berpuasa, seluruh umat Islam diliputi rasa syukur, keinginan untuk saling maaf-memaafkan, dan sama-sama berintrospeksi diri. Halalbihalal berkaitan dengan silaturahim, yang bermakna “menyambung kasih sayang.” Caranya dengan membangun suatu keadaan saling bergantung satu sama lain. Oleh sebab itu, antar sesama manusia dapat saling memahami dan mengasihi.

Silaturahim merupakan sebuah upaya pemulihan karena dalam menjalani kehidupan, seseorang kadang kala melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu hubungan dengan orang lain. Dengan halalbihalal, habluminannas atau hubungan horizontal dengan sesama manusia diperbaiki. Bila upaya saling maaf-memaafkan tuntas, diharapkan hubungan vertikal habluminallah juga dapat ditingkatkan. Dengan begitu, tujuan puasa Ramadhan, yakni menjadi insan yang bertakwa, dapat tercapai.

Rangkaian kegiatan halalbihalal yang diselenggarakan oleh Sekretariat Badiklat PKN BPK ini bersamaan dengan kegiatan pisah sambut beberapa pejabat struktural di lingkungan Badiklat PKN BPK. Pejabat tersebut di antaranya Kepala Sekretariat, Kepala Subbagian Keuangan, Kepala Subbagian Umum dan TI, dan Kepala Balai Diklat PKN Medan. Acara dihadiri oleh seluruh pegawai dan anggota Dharma Wanita. Kehadiran para istri serta keluarga pegawai membawa harapan agar tali silaturahmi dan kerja sama antar pimpinan dengan seluruh pegawai berjalan dengan selaras. Pada kesempatan ini, Kepala Badiklat PKN BPK, Hery Subowo menyampaikan pengarahan agar para pegawai senantiasa menjaga dan memupuk tali silaturahmi dengan baik. Silaturahmi yang terjalin dengan baik akan memberikan manfaat dalam kelancaran pelaksanaan tugas.(IAP)

 

Foto: Diaz