Pembukaan Rangkaian Diklat Bagi CPNS Golongan III Non Akuntansi Tahun 2019: “Bekerjalah secara Profesional”

15 April 2019 – 10:16

Pembukaan Rangkaian Diklat bagi CPNS Golongan III Non Akuntansi Tahun 2019 dilaksanakan secara serentak pada Senin, 11 Maret 2019 di Jakarta, Medan dan Gowa. Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara didampingi oleh Kepala Badan Diklat PKN, Hery Subowo, membuka rangkaian diklat ini di Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) Medan. Pada sambutan pembukaannya, Ketua BPK RI menegaskan pentingnya mengembangkan berbagai kemampuan softskill selain kemampuan analisa substantif, terutama etika dan komunikasi. “Jadikan sopan santun sebagai budaya sehari-hari, baik dengan sesama rekan kerja, atasan, pihak yang kita periksa, tetangga maupun di lingkungan keluarga.”

Menurut Ketua BPK RI, dalam proses perekrutan pegawai, BPK telah berusaha keras untuk tetap menjaga proses seleksi yang ketat dan bersih. Para CPNS layak berbesar hati karena mereka adalah orang-orang terbaik yang terpilih dari rangkaian proses seleksi tersebut. Hal ini merupakan awal dari proses perjalanan dan pengembangan karir mereka di BPK. Untuk menjadi lembaga yang dapat dipercaya dan kredibel, BPK harus diisi juga oleh sumber daya manusia yang kompeten. Sebagai pegawai baru BPK, mereka diharapkan mampu untuk bekerja secara profesional dan selalu menjaga nama baik BPK.

Pernyataan serupa juga disampaikan dalam acara pembukaan rangkaian diklat di Balai Diklat Gowa oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dengan didampingi oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat, Rio Tirta. Dalam laporannya, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat juga mengingatkan peserta tentang pentingnya program diklat ini bagi kelancaran pelaksanaan pekerjaan di BPK nanti, dan berharap seluruh peserta berkomitmen untuk mengikuti diklat ini dengan serius.

Sementara itu acara pembukaan rangkaian diklat Badiklat PKN Jakarta di Kalibata, dilakukan oleh Sekjen BPK RI, Bahtiar Arif dengan didampingi oleh Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Diklat, Gunarwanto. Dalam sambutannya, Sekjen berpesan kepada CPNS agar dapat mempergunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin, khususnya selama berada di lingkungan Badiklat untuk terus belajar, mengembangkan dan mengaktualisasikan diri, guna membentuk karakter PNS BPK yang memegang teguh nilai-nilai dasar dalam melaksanakan tugas pemeriksaan.

Peserta diklat CPNS Golongan III Non Akuntansi tahun ini berjumlah 268 orang; 76 peserta di Badiklat PKN, 127 peserta di Balai Diklat Medan dan 65 peserta di Balai Diklat Gowa. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program diklat ini, seluruh peserta akan didampingi oleh Pembina Siswa. Penanaman nilai-nilai kedisiplinan dan sopan santun pada kegiatan sehari-hari akan dilakukan di bawah pengawasan Pembina Siswa.

Acara pembukaan rangkaian diklat kali ini dilanjutkan dengan Dialog Interaktif antara para peserta dengan Pimpinan BPK. Tujuannya adalah untuk lebih mengenal BPK dan Pimpinan BPK. (SE/IAP)

 

Foto: DM