Study Visit: Mongolian National Audit Office (MNAO) – SAI Mongolia

04 January 2019 – 14:04

Delegasi SAI Mongolia (MNAO) melakukan kunjungan ke Badiklat PKN BPK pada Senin-Selasa, 10-11 Desember 2018. Rombongan SAI Mongolia dipimpin oleh Head of Administration Department of MNAOMr. Ganbold Tseden-Ish. Tujuan kunjungan delegasi SAI Mongolia ke Badiklat PKN BPK adalah melakukan studi banding program dan strategi keberlangsungan pendidikan dan pelatihan profesional yang dimiliki oleh BPK. Delegasi yang berjumlah lima orang tersebut terdiri atas Mr. Ganbold Tsedenish, Mrs. Gandulam Batsukh, Mrs. Bayarmaa Khorjav, Mr. Tumurkhuu Sinvaaz dan Mrs. Munkhjin Dashdorj. Pada hari pertama kunjungan para delegasi mendapatkan informasi program dan strategi keberlangsungan pendidikan dan pelatihan profesional yang disampaikan oleh Plh. Kepala Badiklat PKN BPK, Dwi Setiawan Susanto. Ia berharap kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan dan kerja sama antara BPK dan MNAO di masa mendatang. Manfaat yang diperoleh diharapkan mampu meningkatkan program dan strategi keberlangsungan pendidikan dan pelatihan di kedua organisasi secara  lebih profesional.

Selama acara studi banding, delegasi SAI Mongolia menginap di Wisma Badiklat. Mereka dapat merasakan pengalaman langsung bagaimana keseharian yang peserta diklat saat menjalani pendidikan dan pelatihan di Badiklat PKN BPK. Pada kesempatan ini delegasi melakukan tur untuk melihat fasilitas pembelajaran ruang kelas, ruang observasi, cctv, poli kesehatan, perpustakaan, ruang makan, auditorium, fitness centermoot court dan masjid yang berada di lingkungan Badiklat PKN BPK.

Pada hari kedua,  delegasi SAI Mongolia memperoleh beragam informasi tentang proses penyelenggaraan diklat yang dipaparkan oleh Manajemen Badiklat PKN BPK. Informasi yang disampaikan terfokus pada sejarah perkembangan, struktur organisasi, sistem pembelajaran, program pengembangan profesi berkelanjutan, program pengembangan pelatihan dan spesialisasi pemeriksa, dukungan pendidikan dan pelatihan, serta penyelenggaraan diklat di Balai Diklat Medan, Yogyakarta dan Gowa. Selama kegiatan kunjungan para delegasi didampingi oleh Kasubbag Kerja Sama Multilateral dari Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Ade Indra Gumilar. (SE)

 

Foto: DM