Workshop Manajemen Kediklatan Tahun 2018

13 November 2018 – 08:30

Badan Diklat PKN kembali menyelenggarakan Workshop Manajemen Kediklatan pada tanggal 22 s.d. 23 Oktober 2018 di Auditorium Badiklat PKN, Jakarta. Acara pembukaan diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Rio Tirta. Pada kesempatan ini, Plh. Kepala Badan Diklat PKN, Dwi Setiawan Susanto memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.  Peserta workshop manajemen kediklatan ini adalah Liaison Officer (LO) Diklat dari setiap satuan kerja (satker) termasuk dari Balai Diklat PKN Medan, Yogyakarta dan Gowa.

Workshop diawali dengan diskusi panel bertema Implementasi Mengenai UU ASN dan Implikasinya terhadap Pengembangan Kompetensi, Pendidikan dan Pelatihan di BPK yang disampaikan oleh Biro Sumber Daya Manusia. Sesi kedua mengangkat tema Area Perbaikan Kompetensi Pegawai dengan narasumber dari Direktorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan serta Inspektorat Utama. Selanjutnya, para peserta juga mendapatkan pengayaan tentang Implementasi SOTK Badiklat yang dipaparkan oleh Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi, Dwi Setiawan Susanto.

Salah satu materi utama dalam kegiatan ini adalah evaluasi kegiatan diklat dan pelaksanaan analisa kebutuhan diklat satuan kerja (dengan menggunakan metode training need assessment 2019). Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja para LO Diklat, Badiklat PKN memberikan penghargaan 3 LO Diklat Terbaik Tahun 2018. Penghargaan kinerja diklat unggulan ini diberikan kepada Sri Ulina Isabella Tarigan (BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau), Faisal Fahlepi (BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan) dan Guntur Yulianto (BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah). Penghargaan ini diberikan dengan kriteria kuota diklat satuan kerja terpenuhi sesuai training need assessment (TNA); jenis diklat yang diusulkan sesuai dengan usulan TNA; aktif melakukan komunikasi dengan Badiklat PKN; aktif dalam kegiatan workshop manajemen kediklatan; dan tertib administrasi dan tepat waktu (dalam menyampaikan usulan diklat, usulan peserta, laporan). Workshop Manajemen Kediklatan yang dilangsungkan selama dua hari ini ditutup oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN. Ia mengajak para LO Diklat agar lebih aktif, giat bekerja dan berpartisipasi dalam membantu program-program Badiklat PKN selanjutnya. (SE)