Workshop on Improving Performance Audit Capacity in Public Sector – National Audit Authority of Cambodia (NAA Cambodia)

07 September 2018 – 15:52

Badiklat PKN BPK mendapat kunjungan delegasi NAA Cambodia yang dipimpin oleh Deputy Auditor General, H.E. Dr. Ouk Saravudh dalam rangka mengikuti Workshop on Improving Performance Audit Capacity in Public Sector. Delegasi yang berjumlah 15 orang tersebut terdiri dari lima orang setingkat Director dan sembilan orang setingkat Deputy Director. Kedatangan delegasi NAA Cambodia yang didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Juska Meidy Sjam, disambut hangat oleh Manajemen Badiklat PKN BPK.

Dalam Opening Ceremony yang diadakan di Ruang Kelas 1 tanggal 3 September 2018, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat, Rio Tirta melaporkan perencanaan pelaksanaan kegiatan workshop tersebut. Dijelaskan juga bahwa delegasi NAA Cambodia akan didampingi tim pengajar yang terdiri dari pemeriksa, Litbang, dan widyaiswara BPK yang mumpuni dibidang performance audit sehingga diharapkan mampu untuk memenuhi harapan dari NAA Cambodia sekaligus untuk memperkuat hubungan kerjasama antara NAA Cambodia dengan BPK RI.

Selanjutnya Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Juska Meidy Sjam, menambahkan bahwa kerja sama dalam workshop ini merupakan bagian dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di Johannesburg, Afrika Selatan tahun 2010. Beliau juga mengharapkan agar ada kesinambungan kerja sama setelah workshop ini berakhir.

Plh. Kepala Badiklat PKN, Dwi Setiawan, dalam sambutannya selain menjelaskan mengenai sepak terjang Badiklat BPK di kancah internasional, juga menyampaikan informasi mengenai standarisasi pembelajaran dan pelatihan di Badiklat yang telah sesuai dengan standar internasional. Adapun hal ini dapat tercapai karena fasilitator BPK telah bersertifikasi internasional dan memiliki pengalaman internasional, sehingga diharapkan Badiklat BPK mampu memenuhi kebutuhan NAA Cambodia dari workshop ini.

Pada kesempatan tersebut, Deputy Auditor General of NAA Cambodia, H.E. Dr. Ouk Saravudh sangat mengapresiasi penyelenggaraan workshop ini. Beliau juga menyatakan rasa terima kasihnya atas sambutan BPK dalam menerima delegasi NAA Cambodia untuk mengikuti workshop yang telah berlangsung selama empat hari (tanggal 3 s.d 6 September 2018) dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam hubungan kerja sama bilateral yang terjalin dengan baik sejak tahun 2010. (SE)

Foto: DM