Penutupan Latsar CPNS Gol. III Akuntansi Tahun 2018

03 September 2018 – 09:27

“Kesuksesan tidak hanya diukur dengan jabatan dan posisi, tetapi seberapa baik kita bisa bermanfaat bagi orang lain,” tegas Plh.  Kepala Badiklat PKN,  Dwi Setiawan Susanto pada acara penutupan Latsar CPNS Golongan III Akuntansi Tahun 2018 pada Selasa,  28 Agustus 2018 di Aula Badiklat PKN Kalibata. Plh. Kepala Badiklat PKN juga memberikan ucapan selamat kepada para peserta latsar yang telah berhasil merampungkan seluruh tahapan pembelajaran. “Ini adalah capaian Anda untuk menjadi PNS dengan new spirit, new orientation untuk menjadikan BPK yang lebih baik,” tegasnya.

Tujuan penyelenggaraan latsar ini adalah untuk memenuhi persyaratan sebagai CPNS. Para peserta mendapatkan pemahaman tentang organisasi BPK serta pembentukan kompetensi dalam pekerjaan sehari-hari. Peserta latsar yang berjumlah 76 orang telah menyelesaikan masa pelatihan selama kurang lebih 5,5 bulan yang dimulai sejak 7 Maret 2018 hingga 28 Agustus 2018. Tahap pembelajaran selama masa pelatihan diantaranya adalah kurikulum pembentukan karakter PNS yang terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta agenda habituasi. Pada pelatihan ini juga memuat kurikulum penguatan teknis bidang tugas yang terdiri dari kompetensi teknis umum/administrasi dan kompetensi teknis subtansi.

Para peserta latsar juga mendapatkan pengalaman untuk mengikuti kuliah umum bersama Presiden RI yang diselenggarakan di Istora Senayan pada tanggal 27 Maret 2018. Presiden RI memberikan arahan agar para CPNS dapat menjadi generasi inovatif dan inspiratif bagi lingkungan sekitarnya. Badiklat PKN juga mengembangkan metode pembelajaran melalui transfer knowledge dalam rangka internalisasi nilai-nilai dasar PNS, yaitu dengan visitasi ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Tujuannya adalah untuk mendorong peserta menggali nilai-nilai dasar PNS yang meliputi akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan antikorupsi.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN BPK, Rio Tirta  berharap agar para CPNS  dapat menjaga marwah BPK, tidak hanya menjadikan independensi, integritas dan profesionalisme sebagai tulisan dan lisan saja.

Pada momen penutupan ini, CPNS diberikan kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan selama menjalani pendidikan. Selain itu, CPNS juga mendapat saran dan masukan dari Manajemen Badiklat PKN, Coach, Mentor dan Widyaiswara Badiklat PKN BPK RI. Acara ini diakhiri dengan penutupan secara resmi oleh Plh. Kepala Badan Diklat PKN BPK dan pelepasan tanda peserta secara simbolis. (EN)

Foto: DM