Pembukaan Diklat Peran Pengendali Mutu Angkatan X Tahun 2018

10 July 2018 – 10:33

“Tujuan strategis BPK tahun 2016- 2020 adalah menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Melalui diklat peran Pengendali Mutu ini maka akan dicetak pejabat yang menentukan kualitas hasil pemeriksaan BPK”, ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPK, Bahtiar Arif di hadapan dua puluh orang peserta diklat dalam Pembukaan Diklat Peran Pengendali Mutu (PM) Angkatan X Tahun 2018 di Badiklat PKN BPK RI pada Rabu, 4 Juli 2018. Sekjen BPK menegaskan bahwa proses diklat PM ini sangat penting sebab peran PM merupakan kunci penentu dalam menciptakan hasil pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Pengendali Mutu merupakan jabatan fungsional pemeriksa yang sangat penting dalam memberikan reviu pemeriksaan keuangan.  PM juga melakukan pengujian apakah pemeriksaan telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang telah ditentukan. Melalui diklat ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dari peran sebelumnya ke peran PM. Materi yang akan diberikan pada diklat ini antara lain adalah Etika Pemeriksa, Filosofi Audit, Strategi Pembangunan & Kebijakan Publik (SPKP), Komunikasi (Leadership Communication) serta Manajemen Pemeriksaan 4.

Pada hari kedua diklat, para peserta mendapat kesempatan membangun kompetensi dalam berkomunikasi.  Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, hadir sebagai pengajar dan menyampaikan materi teknik pengembangan komunikasi yang baik dan efektif sebagai seorang pemimpin dalam tugas pemeriksaan. Peserta diklat PM diajak untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi secara lebih baik saat menghadapi auditee dan media massa.

Acara pembukaan diklat ini diakhiri dengan penyematan tanda peserta diklat secara simbolis oleh Sekjen BPK didampingi oleh Plh. Kepala Badan Diklat PKN BPK, Dwi Setiawan Susanto dan Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN BPK, Rio Tirta. Pelaksanaan Diklat PM akan berlangsung mulai 4 – 17 Juli 2018. Para peserta diharapkan dapat mengikuti seluruh proses diklat dan menyelesaikannya dengan baik. (EN)

Foto: DM