Belajar Nilai-Nilai Dasar ASN di Mal Pelayanan Publik Pemprov. DKI Jakarta

23 April 2018 – 10:23

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bertekad meningkatkan pelayanan kepada warga Jakarta secara maksimal. Hal tersebut diwujudkan dengan pendirian Mal Pelayanan Publik yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).  “Ini adalah upaya maksimal yang dilakukan oleh Pemprov. DKI Jakarta dalam mewujudkan revolusi pelayanan publik yang nyata bagi masyarakat Jakarta,” ujar Wakil Kepala DPMPTSP, Denny Wahyu Haryanto di hadapan 77 orang peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS BPK Golongan III Akuntansi Tahun 2018 yang melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik pada Senin, 9 April 2018.

Kunjungan peserta latsar ke Mal Pelayanan Publik yang terletak di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta ini merupakan bagian dari pembelajaran internalisasi nilai-nilai dasar PNS. Pada kunjungan ini peserta latsar mendapatkan pemahaman dan melihat secara langsung proses pelayanan ASN kepada masyarakat. Mereka menggali nilai-nilai akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi yang dilakukan oleh para pegawai Pemprov. DKI Jakarta.

Kunjungan CPNS BPK yang mengikuti latsar di Badiklat PKN BPK ini mendapat sambutan dari para pejabat di lingkungan DPMPTSP. Peserta mendapatkan penjelasan tentang penanaman nilai “SETIA” (Solusi, Empati, Tegas, Inovasi dan Andal) yang dipegang teguh oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Tekad kami dengan berdirinya PTSP adalah membuat revolusi pelayanan publik. Kami sangat menghargai apapun inovasi dalam rangka peningkatan kinerja”, ujar Denny.

Peserta latsar sangat antusias saat memperoleh penjelasan tentang bagaimana seorang ASN bersikap dan bertindak dalam memberikan pelayanan publik secara maksimal. Ini merupakan bentuk tanggung jawab seorang ASN, terutama dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara. Kegiatan studi lapangan ini diharapkan dapat memacu para peserta latsar dalam melahirkan inovasi-inovasi baru serta melanjutkan upaya pemerintah dalam memberikan layanan publik di Indonesia. Hal ini sesuai dengan harapan dari Kepala Subbagian Kepegawaian DPMPTSP, Purbasari Sudar Putri agar para peserta latsar memiliki jiwa pelayan masyarakat seperti para pegawai di DPMPTSP. Pada akhir kunjungan, peserta latsar diajak untuk berkeliling di Mal Pelayanan Publik. Di tempat ini, terdapat 328 jenis layanan diantaranya layanan kependudukan, perpajakan, dan perizinan yang diurus Pemprov DKI Jakarta. Dari total layanan tersebut, 296 berasal dari Pemprov. DKI Jakarta, 32 lainnya dari tujuh kementerian maupun lembaga negara. Fasilitas yang disediakan dalam gedung Mal Pelayanan Publik tergolong sangat lengkap dan modern. Dengan desain interior yang menarik, warga Jakarta diharapkan lebih nyaman menyelesaikan berbagai macam urusan. (EN/DD)

Peserta latsar mendapat penjelasan tentang layanan di DPMPTSP

Peserta berkeliling di Mal Pelayanan Publik

Penyerahan cinderamata oleh Wakil Kepala DPMPTSP

Foto bersama peserta latsar dengan beberapa pejabat DPMPTSP

Foto: DM