Unila Berkunjung ke Badiklat PKN BPK

19 April 2018 – 11:52

Para mahasiswa Universitas Lampung (Unila) terlihat antusias saat berkeliling di area Perpustakaan dan ruang kelas Badiklat PKN BPK. Sebanyak 77 mahasiswa yang merupakan bagian dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung melakukan kunjungan ke Badiklat PKN BPK RI pada Rabu, 28 Maret 2018 lalu. Kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan gambaran nyata tentang profesi auditor di BPK. Tema kunjungan mahasiswa Unila kali ini adalah “Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan Mahasiswa Akuntansi dalam Dunia Kerja Nyata”.

Para mahasiswa serta dosen pendamping, Yunia Amelia dan Usep Syaifudin, mendapat sambutan hangat dari Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Diklat PKN, Dwi Setiawan dan Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Rio Tirta. Mereka memperoleh tambahan pengetahuan tentang tugas, fungsi dan peran BPK RI dalam pemeriksaan keuangan negara. Usai mendapatkan penjelasan, para mahasiswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang hambatan yang dihadapi auditor BPK saat melakukan pemeriksaan. Selain itu muncul juga pertanyaan seputar transformasi Pusdiklat BPK menjadi Badan Diklat PKN BPK. Para mahasiswa Unila ini mendapat paparan tentang sejarah Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK. Materi paparan yang diberikan juga mencakup tahapan proses pembelajaran dalam rangka pembentukan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Pada akhir kunjungan, peserta kunjungan dari Unila melihat fasilitas galeri pembelajaran yang ada di area Badiklat PKN untuk menambah wawasan mereka terkait pemeriksaan keuangan negara. Badiklat PKN BPK sangat berharap kegiatan semacam ini menjadi sarana edukasi tentang tugas dan fungsi BPK kepada publik. (EN)

Foto: WW