Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Akuntansi Tahun 2018

16 March 2018 – 16:04

“Belajar adalah suatu proses yang tidak boleh berhenti, pergunakan kesempatan untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan diri, bersikaplah professional, menjaga nama baik BPK, tekun bekerja, jangan pernah lemah semangat demi mewujudkan BPK yang lebih baik,” pesan Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara kepada para peserta latsar dalam pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Akuntansi Tahun 2018 di Auditorium Badiklat PKN, Kalibata pada Rabu, 07 Maret 2018. Acara pembukaan latsar ini ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan tanda pengenal secara simbolis kepada perwakilan peserta latsar oleh Ketua BPK dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Hendar Ristriawan serta para pejabat eselon I dan II.

Latsar ini merupakan awal proses perjalanan dan pengembangan karir para CPNS di BPK. Dalam arahannya, Ketua BPK mengajarkan tiga nilai dasar yang harus dijunjung tinggi sebagai pemeriksa keuangan negara yaitu, independensi, integritas dan profesionalisme. Selain menjunjung tinggi tiga nilai dasar tersebut, Ketua BPK berpesan agar peserta latsar menegakkan komitmen kelembagaan BPK. Hal penting lainnya adalah peningkatan kualitas pemeriksaan keuangan negara pemahaman kode etik pemeriksa dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN), serta peraturan-peraturan disiplin yang mengatur tentang Aparatur Sipil Negara.

Latsar CPNS Golongan III Akuntansi Tahun 2018 ini dimulai sejak 07 Maret 2018 sampai dengan 28 Agustus 2018 dengan total peserta seluruhnya berjumlah 184 orang. Pelaksanaan latsar diselenggarakan secara serentak di Badiklat PKN dengan peserta sebanyak 77 orang, Balai Diklat PKN Medan dengan peserta sebanyak 35 orang dan Balai Diklat Gowa dengan peserta sebanyak 72 orang.

Melalui latsar ini, peserta akan mendapatkan kemampuan analisa subtantif saja dan penanaman nilai-nilai etika. Pada acara pembukaan latsar ini, para peserta latsar juga mendapat kesempatan berdialog dengan Ketua BPK yang dipandu oleh Sekretaris Jenderal BPK. (EN)

Foto: DM