“Jadikan Independensi, Integritas dan Profesionalisme Bagian dari Hidup”

19 February 2018 – 11:31

“Mulai sekarang independensi, integritas dan profesionalisme adalah bagian dari hidup Anda.” Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dalam Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Non Akuntansi Tahun 2018 di Aula Badiklat PKN, Kalibata pada Senin, 5 Februari 2018. Wakil Ketua BPK berharap peserta diklat menjunjung tinggi nilai independensi, integritas dan profesionalisme saat menjalankan tugas sebagai pemeriksa. Para peserta diklat juga harus menumbuhkan semangat pengabdian yang berorientasi terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Peserta latsar CPNS Golongan III Tahun 2018 seluruhnya berjumlah 113 orang dan pelaksanaannya diselenggarakan secara serentak di Badiklat PKN dengan peserta sebanyak 59 orang, Balai Diklat PKN Medan dengan peserta sebanyak 29 orang dan Balai Diklat PKN Gowa dengan peserta sebanyak 25 orang. Sambutan Wakil Ketua BPK juga didengar oleh seluruh peserta latsar yang ada di Balai Diklat Medan dan Balai Diklat Gowa melalui video conference. Sejumlah pejabat struktural BPK turut hadir dalam pembukaan latsar ini. Pembukaan latsar ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Ketua didampingi oleh pejabat eselon I dan II BPK, serta penyematan tanda pengenal secara simbolis kepada perwakilan peserta latsar.

Para peserta latsar akan mendapatkan pelatihan dasar sebagai CPNS BPK dengan kurikulum antara lain pembentukan karakter PNS dan penguatan kompetensi teknis bidang tugas, sehingga diharapkan akan terbentuk PNS profesional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat. Tujuan penyelenggaraan latsar adalah membentuk PNS yang profesional serta mencetak auditor yang kompeten dan berkarakter.

Wakil Ketua BPK menghimbau agar peserta latsar menggunakan kesempatan untuk terus mengembangkan dan mengaktualisasikan diri.  Ada tiga hal yang akan didapatkan peserta dalam mengikuti latsar ini, yaitu sikap dan semangat belajar, kompetensi teknis, serta efisiensi dan efektivitas kerjasama tim.

Pada acara pembukaan latsar ini, para peserta latsar mendapat kesempatan berdialog dengan para pejabat eselon I. Para pejabat eselon I memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta latsar agar ikut memperkuat BPK sebagai lembaga pemeriksa yang kredibel. (EN)

Foto: DZ