Mengenal BPK Lebih Dekat melalui Learning Journey ke Yogyakarta, Bandung dan Jakarta

12/02/2018 – 09:43

Sebanyak 33 mahasiswa pemenang BPK Audination 2017 (Olimpiade untuk Negeri) mendapatkan hadiah Learning Journey berupa perjalanan ke Yogyakarta, Bandung dan Jakarta yang dimulai pada Senin, 29 Januari 2018. Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi Diklat PKN, Dwi Setiawan Susanto mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan sosialisasi ilmu audit pemerintahan dan profesi auditor dalam kegiatan Learning Journey kali ini. Harapannya, para peserta yang mewakili kalangan akademisi mendapatkan pembelajaran tentang audit dari masa ke masa.

Pada hari pertama seluruh peserta melakukan mengunjungi Museum Mini BPK, Media Center, Perpustakaan BPK serta Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) di Kantor Pusat BPK. Rombongan peserta disambut oleh  Kepala Bagian Pengelolaan Informasi, Adelina Silalahi dan para pejabat struktural di Biro Humas dan Kerjasama Internasional. Peserta mendapatkan pemahaman mengenai tugas dan fungsi, dasar hukum pendirian, sejarah, hingga capaian-capaian yang diperoleh BPK di tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan forum dialog antara peserta Learning Journey dan Sekretaris Jenderal, Hendar Ristriawan.

Pada hari berikutnya, para peserta terbagi menjadi tiga lokasi Learning Journey yaitu Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Di Yogyakarta para peserta melakukan kunjungan ke BPK Perwakilan Provinsi DI Yogyakarta, Balai Diklat Yogyakarta, dan Museum BPK Magelang. Sementara itu peserta yang menuju Bandung, melakukan kunjungan ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Museum Konferensi Asia Afrika dan Gedung Sate. Para peserta Learning Journey Jakarta melakukan kunjungan ke BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Gedung Arsip BPK, Cipayung dan ANRI.

Pada akhir pelaksanaan Learning Journey, para peserta mendokumentasikan dalam bentuk vlog, poster dan makalah. Mereka mempresentasikan hasil eksplorasi mereka tentang pemeriksaan BPK dan mendapatkan masukan dari para narasumber. Para peserta melakukan presentasi secara berkelompok dengan tema pemeriksaan kinerja dan investigasi, pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah, serta perhitungan kerugian keuangan negara. Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar menyatakan apresiasinya saat memberikan sambutan penutupan kegiatan pada Jumat, 2 Februari 2018. Wakil Ketua  menghimbau agar selalu memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai integritas. (EN,AF)

Foto: DZ,FX,WR