AITI BAI Korea Berkunjung ke Pusdiklat BPK RI

15/09/2017 – 09:54

Rombongan Audit and Inspection Training Institute (AITI) The Board of Audit and Inspection (BAI) Korea mengunjungi Pusdiklat BPK RI pada Rabu, 6 September 2017. Rombongan AITI BAI Korea yang terdiri dari lima orang ini dipimpin oleh Division Manager of AITI BAI, Seung Weon Kang. Maksud dari kunjungan AITI BAI Korea kali ini adalah untuk menggali lebih detil tentang sistem pendidikan di Pusdiklat BPK RI. Hal tersebut akan dimanfaatkan oleh AITI BAI sebagai referensi positif bagi peningkatan kualitas dan profesionalisme auditornya.

Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto menyambut baik kedatangan rombongan AITI BAI Korea ini. Ia memaparkan tentang sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Pusdiklat BPK RI yang sifatnya internasional (Global Learning System) dan bergabung dalam organisasi ASEANSAI, ASOSAI, dan INTOSAI. Peran BPK RI dalam kancah internasional adalah sebagai fasilitator pelaksanaan pelatihan, external auditor maupun menjadi ketua working group.

Rombongan AITI BAI Korea juga mendapatkan penjelasan tentang implementasi budaya organisasi. Pusdiklat BPK RI mengembangkan budaya SUKSES, sebagai penggambaran dari Spirit for Learning, Kredibilitas, Service Excellent, Solid, Empati, dan Sinergi. Untuk membangun budaya SUKSES, Pusdiklat memiliki program Employee of the Month yang merupakan bentuk penghargaan manajemen terhadap kinerja pegawai dengan harapan pegawai yang lain terpacu untuk meneladaninya serta berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam penyelenggaraan diklat.

Selanjutnya, AITI BAI Korea berkesempatan mengunjungi ruang galeri dan studio pembelajaran. Galeri pembelajaran Pusdiklat BPK RI memberikan informasi tentang sejarah, visi misi organisasi, program dan metode pelatihan. Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan office tour di lingkungan Pusdiklat BPK RI dalam rangka melihat sarana prasarana kegiatan kediklatan. (DD)

Foto: DM