Kunjungan Czech SAO dan Parlemen Republik Ceko di Pusdiklat BPK RI

21/07/2017 – 13:40

Supreme Audit Office of Czech Republic (Czech SAO/ BPK Republik Ceko) dan Parlemen Republik Ceko datang berkunjung ke Pusdiklat BPK RI pada Rabu, 19 Juli 2017. Rombongan yang dipimpin langsung Wakil Ketua Parlemen Republik Ceko, Jan Bartosek ini terdiri atas Kepala Audit Republik Ceko, Zdenka Hornikova, serta Duta besar Republik Ceko untuk Indonesia, Mr. Ivan Hotek.

Kunjungan yang dimulai dengan short office tour untuk melihat fasilitas di Pusdiklat BPK RI didampingi Sekretaris Jenderal BPK RI (Hendar Ristriawan), Kepala Pusdiklat (Dwi Setiawan Susanto) dan para pejabat struktural di lingkungan BPK RI. Sekretaris Jenderal BPK RI menyambut gembira kedatangan delegasi Czech SAO dan menyampaikan harapannya agar kunjungan ini dapat menjadi ajang saling berbagi informasi terbaru, pengalaman serta pengetahuan terkait dengan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai.

Perwakilan delegasi melakukan diskusi tentang sistem pengembangan karir di BPK RI mulai dari level terendah hingga level yang tertinggi. Kepala Pusdiklat BPK RI memaparkan program-program diklat bagi pegawai BPK RI mulai dari diklat prajabatan (bagi calon pegawai negeri sipil), diklat pemeriksaan keuangan negara, diklat peran bagi pemeriksa dan diklat-diklat teknis bagi pegawai penunjang pendukung. Selain itu, Pusdiklat BPK RI juga menyelenggarakan diklat eksternal dan internasional yang dapat diikuti oleh BPK dari negara lain.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusdiklat BPK RI mengungkapkan tentang kebijakan internal mengenai pemenuhan 40 jam pelajaran sebagai persyaratan utama untuk promosi kenaikan jabatan pegawai. Dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan diklat, Pusdiklat BPK RI melakukan kerja sama dengan universitas dan organisasi profesional lainnya.

“Meskipun di kantor audit Republik Ceko skalanya jauh lebih kecil dibandingkan di Indonesia, namun kami tetap memiliki pusat pendidikan dan pelatihan untuk para auditor”, ungkap Kepala Audit Republik Ceko. Dalam kunjungan kerja ini, Kepala Audit Republik Ceko menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara BPK RI dan Czech SAO selama ini.  Ia berharap bahwa kerja sama tersebut dapat terus berlangsung dengan baik. (AF, IAP)

Foto: FX, DM