Kunjungan Sekolah Audit Negara Moskow

16/03/2017 – 16:46

DSC_1636Sergei Shakhray, Dekan Sekolah Audit Negara (Universitas Negara Moskow) sekaligus Presiden Lembaga Kerjasama dan Persahabatan dengan Indonesia (LKPI) dari Rusia berkesempatan melakukan kunjungan ke Pusdiklat BPK Kalibata pada Senin, 13 Maret 2017 lalu didampingi oleh Miklail Kuritsyn dan Maria Avdeeva dari Russia – Indonesia Bussiness Council serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Nanang S. Fadillah.

Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan memberikan sambutan atas kehadiran para delegasi Rusia kali ini. Mengawali sambutannya, Sekretaris Jenderal BPK memberikan gambaran tentang fungsi dan kedudukan Pusdiklat dalam organisasi. Pusdiklat BPK berperan dalam pengembangan kompetensi dan kapasitas pegawai, terutama dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara. Pusdiklat tidak hanya memberikan pelatihan kepada pegawai internal BPK, namun juga pada pihak-pihak yang melakukan pemeriksaan terhadap keuangan negara (akuntan publik).

“Selamat pada Pusdiklat BPK yang telah berhasil menciptakan sistem pendidikan dengan standar tinggi disertai sarana prasarana yang lengkap,” ungkap Shakhray yang mengharapkan adanya pertukaran informasi yang efisien antara Sekolah Audit Tinggi Negara dan Pusdiklat BPK.

DSC_1742-1Selanjutnya, Shakhray juga mengungkapkan keinginannya untuk membuka peluang kerjasama dalam bidang pendidikan pemeriksaan keuangan, salah satunya adalah pertukaran pengajar antara Sekolah Tinggi Audit Negara dan Pusdiklat BPK. Potensi kerjasama yang menarik perhatian Shakhray lainnya adalah pemeriksaan lingkungan hidup dan pemeriksaan internal.

Sekolah Audit Tinggi Negara merupakan lembaga pendidikan di Rusia yang fokus dalam menyiapkan sumber daya manusia berstandar tinggi dengan tiga jurusan utama adalah  audit negara, investigasi keuangan serta hukum dan informasi komputer. Para alumni Sekolah Audit Tinggi Negara merupakan tenaga profesional di bidang audit yang banyak direkrut oleh lembaga-lembaga keuangan.

DSC_1700-1Kepala Pusdiklat, Dwi Setiawan Susanto membawa Shakhray melakukan office tour di lingkungan Pusdiklat BPK untuk mendapatkan gambaran nyata tentang sistem pembelajaran Excellence Learning Center melalui galeri dan studio pembelajaran di Pusdiklat BPK. (IAP, DD)

Foto: Fico